Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

SMK Ma'arif NU Batam Luncurkan Pendidikan Berbasis Religi

SMK Ma'arif NU Batam Luncurkan Pendidikan Berbasis Religi

Kota Batam, Ma’arif-NU Online – Tergolong pendatang baru, sekolah kejuruan yang didirikan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Propinsi Kepri melalui Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP Ma’arif) NU Wilayah Kepri ini baru berdiri tepatnya menginjak tahun ketiga. Sekalipun masih baru – atau boleh dibilang - masih bau kencur, namun obsesi menuju pendidikan yang lebih maju dan mandiri cukup optimis.

Itulah sosok SMK Ma’arif NU Batam yang didirikan tahun 2015, saat ini dalam kegiatan proses belajar mengajarnya dipusatkan di gedung PWNU Kepri di sebelah Bida Asri 1, Batam Kota. Meski baru tahap perintisan, namun kini perkembangan sekolah terus menampakkan tanda-tanda kemajuan yang pasti.

”Selain mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketrampilan serta keahlian, sekolah ini akan konsisten mengajarkan nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah (aswaja) An-Nahdliah. Karena itu SMK Ma’arif NU Batam mengedepankan sekolah berbasis pesantren,” tukas Sekretaris PWNU Kepri, H Muhammad Zaenuddin yang juga Pembina SMK Ma’arif NU Batam, saat ditemui Ma’arif-NU Online di Bandar Lampung, Sabtu (4/11/2017).

SMK Ma’arif NU milik jam’iyah pertama di Batam ini sengaja didirikan karena dirasa paling tepat untuk kondisi Batam yang merupakan kota industri. Sekolah ini membuka enam kompetensi keahlian, antara lain Teknik Sepeda Motor, Teknik Jaringan Tenaga Listrik, Teknik Komputer Jaringan, Multi Media, Akuntansi, dan Perbankan Syariah.

Kompetensi keahlian dibuka berdasarkan kebutuhan dan ketertarikan siswa lulusan sekolah menengah pertama. Sekolah yang memiliki tagline Menjadi Generasi Muslim yang Cerdas Terampil dan Berakhlakul Karimah ini mengusung visi besar. Visi tersebut adalah untuk menjadikan SMK Ma’arif NU Kota Batam sekolah unggulan berjiwa nasional, berwawasan global, untuk menyiapkan generasi muslim yang terampil dan berakhlak mulia.

Dalam mewujudkan visi tersebut, SMK Ma’arif NU Batam merumuskan beberapa misi, seperti mengembangkan system pendidikan mengacu pada multiple intelligence, sesuai dengan kemampuan anak didik. Menanamkan iman, takwa serta pengetahuan dan teknologi sambil memupuk nasionalisme dan nilai-nilai aswaja. Menjalin komunikasi yang baik dengan semua stakeholder, baik orang tua, dunia usaha, industri, dan perguruan tinggi. SMK yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Provinsi Kepri ini menggunakan Badan Hukum Perkumpulan NU.

Tenaga pengajar di SMK Ma’arif NU Batam sudah cukup tersedia sesuai bidang keilmuannya masing-masing, bahkan para pengajar beberapa diantaranya berasal dari lulusan Politeknik ITB Bandung dan UGM Jogjakarta.

Kini SMK Ma’arif NU Batam tengah menyiapkan pembangunan dua local gedung di atas tanah seluas 3000 m2, tepatnya berada di daerah Marina. Pada tahun keempat nanti diharapkan gedung baru ini sudah bisa ditempati untuk proses kegiatan belajar mengajar. Wago


Tag:

Related Images

  • SMK Ma'arif NU Batam Luncurkan Pendidikan Berbasis Religi

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.