Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

LP Ma'arif NU Tegal Gelar Rakercab Sako Pramuka

LP Ma'arif NU Tegal Gelar Rakercab Sako Pramuka

Tegal, Ma’arif-NU Online - Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Tegal menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Satuan Komunitas Pramuka (Sako) Pramuka Ma'arif NU di Gedung PC NU Kabupaten Tegal, Jalan Jendral Ahmad Yani, Ahad (14/5).

Ketua LP Ma'arif NU Kabupaten Tegal, Drs Alfatah,M.Pd mengatakan, Rakercab membahas rumusan program kerja Sako Pramuka Maarif NU tahun 2017 dan rencana program lima tahun mendatang.

“Selain membahas Program Kerja, dalam Rakercab, sekaligus dilakukan pelantikan Pengurus Cabang Sako Maarif NU Kabupaten Tegal masa bakti antar wakti 2016-2021 oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal,” ujar Alfatah.

Fatah menambahkan, salah satu program prioritas dan mendesak yang dibahas dalam Rakercab Sako yakni penjaringan atau seleksi peserta Perkemahan Wirakarya Maarif Nasional (Perwimanas II) dan Kursus Mahir Dasar Pembina bagi pembina Sako Maarif NU.

“Mekanisme seleksi perwimanas dan waktu KMD juga akan dimusyawarahkan bersama dengan peserta Rakercab Sako, sehingga akan menghasilkan output yang diharapkan yakni peserta Perwimanas berkualitas dan pembina Sako yang kompeten,” imbuhnya.

Sementara Panitia Rakercab, Haryono,SH menjelaskan, Rakercab akan dihadiri oleh perwakilan pembina dari pangkalan Sekolah di lingkungan Ma'arif NU Kabupaten Tegal.

"Semua sekolah dilingkungan Ma'arif NU diharapkan bisa mengirimkan pembinanya untuk mengikuti Rakercab Sako ini," harapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Rakercab juga direncanakan akan dihadiri oleh Wakil Bupati Tegal Dra Umi Azizah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Tegal.

"Rakercab juga akan dihadiri oleh PCNU, Badan Otonom NU serta para Kepala Sekolah Ma'arif NU," pungkasnya.

Do’a Sapu Jagat

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul ‘Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal, H Ahmad Wasy’ari mengatakan, filosofi kegiatan Pramuka itu ada pada doa sapu jagad yang sering kita baca yakni rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.

“Artinya Ya Alloh berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka. Pramuka disini senang, disana senang, dimana-mana hatiku senang itu artinya didunia senang dan diakhirat senang. Dimanapun juga senang. Itu perlu diimplementasikan oleh anggota Pramuka Ma’arif NU,” ujar H Wasy’ari saat membuka Rapat Kerja Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU Tegal, Ahad (14/5) di Gedung PCNU Kabupaten Tegal.

Namun demikian, lanjut H Wasy’ari, bukan berarti Pramuka tidak berpikir, tetap dalam keberpikiran, kejujuran dan tetap dalam suasana riang gembira. “Substansi Pramuka untuk mendidik putra putri bangsa untuk menjadi Pemuda kreatifitas, memiliki kedisiplinan, namun dalam suasana riang gembira,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dia juga berharap keberadaan Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Tegal tidak hanya hanya de fakto / pengakuan, tapi de program. Pengurus harus mampu tunjukan eksen, pergerakan dilapangan.

“Eksistensi sako Pramuka Ma’arif harus dapat dirasakan oleh masyarakat. Jangan pasca pengurus dikukuhkan, seragam pramuka dimasukan lemari artinya tidak ada eksen. Tunjukan eksistensinya kepada Kwarcab, bila perlu dapat bersinergi / fastabiqul Khoirot dengan jajaran Kwartir Ranting (kwarran),” imbuhnya. (Hasan)


Tag:

Related Images

  • LP Ma'arif NU Tegal Gelar Rakercab Sako Pramuka

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.