Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Profil Sekolah/Pesantren

MA Tarbiyatut Tholabah: Berkomitmen Lokal, Berwawasan Nasional, Berkiprah Internasional

MA Tarbiyatut Tholabah: Berkomitmen Lokal, Berwawasan Nasional, Berkiprah Internasional

Madrasah Aliyah (MA) Tarbiyatut Tholabah terletak tidak jauh dari pantai utaratepatnya di Jalan KH. Musthofa, Desa Kranji, Paciran, Lamongan, Jawa Timur.Lembaga yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok pesantren Tarbiyatut Tholabah itu, didirikan pada tahun 1963 oleh seorang ulama dan tokoh NU kharismatik, almaghfurullah KH. Muhammad Baqier Adelan yang juga Mantan Rais SyuriyahPengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lamongan.

Seiring usianya yang telah matang, kini stastus sekolah ini telah terakreditasi A (unggul), setelah sebelumnya menjadi sekolah pertama yang statusnya diakui di wilayah Kabupaten Lamongan.

Lembaga yang mempunyai motto "Islami, Berprestasi, dan Berinovasi" serta menjadi pusat pengembangan pembelajaran bagi madrasah-madrasah sekitar inihadir sebagai wujud partisipasi pesantren dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia, khususnya daerah Lamongan. Sementara slogan yang selama ini didengungkan adalah "Salam, Etika, Nyaman, Ulet dan Mandiri" atau disingkat "Senyum". Motto dan Slogan tersebut telah mengangkat nama MA Tarbiyatut Tholabah menjadi sekolah favorit di kawasan Lamongan dan Jawa Timur.

MA Tarbiyatut Tholabah dirancang dengan visi "Islam, Berprestasi dan Berinovasi". Sedangkan misi yang ditempuh oleh lembaga ini adalah, Menerapkan dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikannya sebagai sumber kearifan dalam bertindak; Mengembangkan potensi akademik secara optimal; Mengembangkan bakat, minat dan keterampilan siswa sebagai bekal melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan atau terjun ke masyarakat; Mengembangkan sistem pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adapun tujuan yang ingin dicapai lembaga ini adalah: Warga madrasah dapat merealisasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari hari dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap penerapan budaya islami di masyarakat; Siswa dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga bisa mencapai standar kelulusan serta dapat melanjutkan ke perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri; Terwujudnya sistem pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; Siswa memiliki keterampilan, kecakapan, keuletan dan kemandirian sebagai bekal hidup di masyarakat.

Untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman MA Tarbiyatut Tholabah menyuguhkan kepada masyarakat beberapa program, meliputi program Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK), Madrasah Aliyah Umum dengan Jurusan IPA, IPS dan Bahasa, Unggulan. Program MAK bertujuan mencetak lulusan yang menguasai keilmuan agama dan lulusan yang mampu menembus perguruan tinggi di Tanah Air dan luar negeri, terutama di negeri-negeri di kawasan timur tengah. Satu kelebihan bagi siswa MAK, adalah penguasaan terhadap bahasa Arab, baik tulis maupun lisan. Mereka juga dipersiapkan sebagai dai dan tokoh agama.

Sementara, Program MAU berorientasi pada pembentukan lulusan yang menguasai keilmuan umum, serta mampu melanjutkan ke perguruan tinggi atau swasta unggulan di Tanah Air. Siswa MAU juga dibekali berbagai macam keterampilan untuk berkiprah di masyarakat, seperti menjahit dan wirausaha.ini dilakukan untuk mengatasi pengangguran di Indonesia.

Program Bahasa Memproyeksikan lulusan untuk menguasai bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Jepang, Mandarin, Prancis dan Jerman serta dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri baik dalam maupun luar negeri.

Program unggulan berorientasi pada pembentukan lulusan yang menguasai keilmuan umum, mahir berbahasa Inggris baik secara tulis maupun lisan, dan mampu mengamalkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari, selain itu, program unggulan juga merupakan proyek pembentukan lulusan yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri umum, baik dalam maupun luar negeri.

Untuk mendukung segala program yang telah dicanangkan, sekolah ini menyediakan 62 guru pengajar yang professional dan 5 Tata Usaha. Dengan komposisi sebagai berikut: Guru Bidang Ahli BK 3, Guru Bidang Olah Raga 2, Guru Bidang ketrampilan 3, Guru Bidang Laboran 4, Guru Bidang Ahli Perpustakaan 2. Serta Fasilitas yang serba memadai dan lengkap yaitu antara lain: Gedung sekolah bertingkat; Peralatan belajar; Ma'mal Lughoh (Laboratorium Bahasa); Laboratorium IPA; Lapangan olah Raga yang layak; Sanggar seni teater; Ruang Kesehatan (UKS); Computer Laboratory; Musholla; Perpustakaan Induk; Hall for class meeting; Asrama; Ruang menjahit.

Saat ini, MA Tarbiyatut Tholabah telah memiliki 945 siswa mulai dari kelas I sampai kelas III, aktivitas pembelajaran di mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.00. Selain menyediakan Lapangan olahraga yang layak, meliputi sepak bola, bola voli, sepak takraw, tenis meja,bulu tangkis dan oleh raga lainya, untuk meningkatkan semangat siswa agar berprestasi dibidang oleh raga, MA Tarbiyatut Tholabah ini juga memberikan guru pembimbing yang handal, berkat sarana yang memadai dan guru yang pembimbing yang andal, tim bola Voli pernah menyandang gelar juara satu Turnamen Bola Voli se-Jawa Timur.

Terkait dengan sistem pembelajaran, MA Tarbiyatut Tholabah menerapkan kombinasi kurikulum Departemen Agama RI dengan kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga ini juga memasukkan belajar Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati dan Aswaja sebagai kurikulum belajar.

Selama sepekan siswa dihadapkan pada mata pelajaran sesuai dengan jurusan masing-masing,selain itu siswa juga diwajibkan mengikuti program ekstrakurikuler diantaranya; Kursus Menjahit; Rebana; Tata Boga; Teater; Sholawat dan Qori’ah; dan semua Bidang Olahraga dalam berbagai disiplin.

Lembaga yang memegang kuat paham Aswaja ala NU itu, membekali siswanya supaya mampu diterjunkan di tengah masyarakat dengan berbagai bekal diantaranya, Siswa kelas III diwajibkan menghafal Juz 30, praktek Fardlu Kifayah, meliputi adzan, iqomah, shalat mayyit, khutbah Jum’at dan menjadi imam sholat khusus siswa putra,menghafalkan tahlil,surah Yasin, cara memandikan mayit untuk siswi puteri, selain itu siswa kelas tiga juga harus lulus mengikuti ujian membaca kitab untuk MAU menggunakan kitab "Tafsir Jalalain" dan untuk MAK menggunakan kitab "Shofwatut Tafasir" serta lulus Tashih Al-Qur'an dengan metode Qiro'ati.

Berbicara soal prestasi, hingga kini MA. Tarbiyatut Tholabah telah menorehkan beberapa kejuaaraan baik tingkat Propinsi maupun tingkat Nasional. Selain pernah terbaik di bidang olah raga bola Voli,prestasi lain yang pernah ditorehkan siswanya antara lain, Juara Pidato Bahasa Asing Tingkat Jawa Timur, Juara cerdas Cermat Akuntansi Tingkat SLTA se Jawa Timur, Musabaqoh Tilawatul Qur’an (MTQ) tingkat Nasional, Juara III MTQ se Jawa Timur, Juara III STQ (Sarhi Tilawatul Quran) tingkat Nasional XV, Juara harapan I MHQ dan MTQ Jawa Timur XIX, Juara 1 dalam membaca Kitab se-Jawa Timur, dan Olimpiade Matematika SLTA se-Jawa Timur.

Selain itu hasil UAN MA Tarbiyatut Tholabah empat tahun terakhir adalah sebagai berikut; pada tahun 2005-2006 siswa MAU Tarbiyatut tholabah dengan jurusan IPA dan IPS menyabet juara ke-2 se Jawa Timur dengan nilai rata-rata 8.42, dan 9,13 untuk masing-masing mata pelajaran, sedangkan pada tahun 2006-2007 terbaik ke 2 se Jawa Timur, Tahun 2007-2008 baik jurusan IPA,IPS, serta MAK rata-rata terbaikI.II dan III se Jawa Timur, khususnya bidang ekonomi terbaik ke II 8,57 dan Bidang Agama Terbaik ke I se Jawa Timur.

Tahun 2008-2009 nilai rata-rata siswa MA Tarbiyatut Tholabah untuk MAK 9,24, IPS 7, 63 dan IPA 8,30.Karena prestasi-prestasi tersebut, siswa-siswi MA. Tarbiyatut Tholabah berhasil lulus seleksi untuk mendapatkan beasiswa terbanyak dari Departemen Agama RI tiap tahunya yang tersebar diberbagai perguruan tinggi Negeri.

Kualitas Pendidikan MA. Tarbiyatut Tholabah telah membuat alumninya mampu bersaing belajar baik ditingkat nasional maupun internasional.Untuk tingkat nasional alumnus MA Tarbiyatut Tholabah tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang dan Bandung, kota-kota besar di Kalimantan, Sumatera dan wilayah-wilayah lainya.

Di luar negeri,para alumnus MA Tarbiyatut Tholabah juga telah mampu diterima di Universitas Al-Azhar Mesir, Universitas Al-Ahghaf Yaman, bahkan beberapa alumninya telah menjadi pengajar di Universitas Malaysia dan negara Asia lainya.(sofi)

Related Images

  • MA Tarbiyatut Tholabah: Berkomitmen Lokal, Berwawasan Nasional, Berkiprah Internasional
  • MA Tarbiyatut Tholabah: Berkomitmen Lokal, Berwawasan Nasional, Berkiprah Internasional

Post Rating

Comments

fajar jammu
# fajar jammu
Wednesday, March 26, 2014 12:20 AM
pusing bacanya,,,hehe lumayan tombo kangen

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above:

Galeri Foto
SANY3651
Sidak Menakertrans di tenda-tenda Peserta Perwimanas bersama Ketua PBNU dan Ketua PP LP Ma'arif NU
PA140253
P1010527